Abimanyu Travel Blog

Butuh rekomendasi tempat wisata menarik di Malang? Kamu bisa dapatkan disini. Info destinasi wisata, kuliner, serta tips traveling. Kamu juga bisa menemukan promo menarik dan kuis berhadiah dari Abimanyu.

Home / History / Tradisi Perayaan Natal Unik Yang Cuma Bisa Ditemuin #DiIndonesiaAja

Tradisi Perayaan Natal Unik Yang Cuma Bisa Ditemuin #DiIndonesiaAja

/
/
8 Views

Tradisi Perayaan Natal Unik, Tradisi-tradisi yang dilakukan menjelang Natal ini merupakan simbol kebersamaan yang telah dilakukan secara turun-temurun. Jadi penasaran sama tradisi-tradisi perayaan Natal tersebut? Yuk, kita simak informasinya bareng-bareng di bawah ini! #blog.abimanyutravel.id

1. Rabo-Rabo (Jakarta)

Ternyata di ibu kota Jakarta kamu juga bisa menemukan tradisi perayaan hari Natal yang unik, lho! Tradisi yang satu ini bisa kamu jumpai di kawasan Cilincing, tepatnya di Kampung Tugu

Tradisi Perayaan Natal Unik - rabo rabo

Kampung yang disinggahi oleh sekelompok pemeluk agama Kristen berketurunan Portugis ini, menyimpan sebuah tradisi bernama Rabo-Rabo. Dilakukan setiap menjelang hari Natal, tradisi yang memiliki arti “Ekor-Mengekor” dalam bahasa Kreol Portugis ini dilakukan dengan berkeliling kampung dan mengunjungi rumah-rumah sambil menyanyikan lagu keroncong. Satu rombongan warga akan memulai Rabo-Rabo dengan mengunjungi Gereja terlebih dahulu untuk beribadah. Setelah itu, mereka langsung mengunjungi rumah-rumah warga sekitar. Salah satu anggota keluarga dari setiap rumah-rumah yang dikunjungi tersebut nantinya harus ikut dalam rombongan layaknya ekor yang memanjang. Tradisi ini biasanya ditutup dengan pesta makan di rumah yang terakhir dikunjungi.

Baca Juga:   Tari Barong dan Keris : Peperangan Abadi antara Kebaikan dengan Kejahatan

2. Wayang Wahyu (Jawa)

Enggak cuma menceritakan epik Mahabharata atau Ramayana, ternyata ada lho pertunjukan wayang yang memiliki cerita berbeda

Tradisi Perayaan Natal Unik - wayang wahyu jawa

Pertunjukan wayang ini dikenal dengan nama Wayang Wahyu. Berbeda dari wayang yang seperti biasanya, cerita yang dipertunjukan dalam Wayang Wahyu diambil dari berbagai kisah yang terdapat dalam Alkitab. Pertunjukan wayang yang seringkali dilakukan menjelang perayaan hari Natal di gereja-gereja tertentu di Jawa ini merupakan salah satu simbol inkulturasi budaya yang terbentuk #DiIndonesiaAja. Pertama kali muncul pada tahun 1960an, pementasan Wayang Wahyu digunakan untuk mengingatkan umat Katolik untuk menjalin keharmonisan antar sesama.

3. Ngejot dan Penjor (Bali)

Pulau Dewata yang kental dengan agama Hindunya pun tak luput memiliki tradisi perayaan hari Natal yang unik.

ngejot dan penjor

Sebagai tempat dengan toleransi agama yang masih terjaga, di Bali umat Kristen biasanya juga melakukan tradisi Ngejot dan Penjor menjelang perayaan Natal. Kedua tradisi yang identik dengan umat Hindu ini juga seringkali dilakukan oleh umat Kristen serta Muslim. Ngejot sendiri merupakan tradisi di mana para warga saling membagikan makanan. Makanan yang dibuat untuk tradisi Ngejot disesuaikan dengan agamanya masing-masing. Sedangkan Penjor merupakan bambu-bambu tinggi melengkung yang biasanya dipasang saat hari raya Galungan. Bambu-bambu tersebut dipasang di bagian rumah sebagai bentuk syukur terhadap anugerah Tuhan.

4. Kunci Taon (Sulawesi Utara)

Tradisi perayaan hari Natal yang satu ini bisa kamu jumpai di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Kunci taon

Digelar sekaligus untuk memperingati akhir tahun, Kunci Taon biasanya dilaksanakan pada awal minggu bulan Desember dan berakhir pada awal bulan Januari. Tradisi ini diawali dengan serangkaian ibadah di Gereja. Lalu, para umat Kristen akan berziarah ke makam kerabat. Biasanya saat berziarah mereka akan meletakkan lampu hias di atas makam kerabat mereka. Tradisi Kunci Taon lalu ditutup dengan kegiatan pawai mengelilingi kampung sambil memakai kostum-kostum yang menarik.

Baca Juga:   Tips Backpaker Wisata Bromo Murah Minim Budget

Abimanyutravel.idtravel malang surabayatravel malang banyuwangitravel surabaya malang
travel surabaya banyuwangitravel banyuwangi malangtravel banyuwangi surabaya

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar