Abimanyu Travel Blog

Butuh rekomendasi tempat wisata menarik di Malang? Kamu bisa dapatkan disini. Info destinasi wisata, kuliner, serta tips traveling. Kamu juga bisa menemukan promo menarik dan kuis berhadiah dari Abimanyu.

Home / Info Wisata / 10 Tempat Wisata Bojonegoro Yang Lagi Hits 2022

10 Tempat Wisata Bojonegoro Yang Lagi Hits 2022

/
/
44 Views
img

10 Tempat Wisata Bojonegoro Yang Lagi Hits 2022 – Belakangan ini sejak memasuki tahun baru 2022 masyarakat di Indonesia sedang gencar gencarnya melakukan wisata, ada yang memang hobi bertualang di alam namun ada juga yang sekedar mencari tempat yang nyaman dan menarik untuk dikunjungi.

Jika anda salah satu traveler yang menyukai pemandangan alam sekaligus keajaibannya di Jawa Timur, tidak hanya Wisata Surabaya saja yang harus anda coba, namun anda juga wajib datang ke Bojonegoro karena banyak sekali Tempat Wisata di Bojonegoro yang menyajikan beragam lokasi wisata yang indah.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata di Bojonegoro yang wajib kalian kunjungi pada tahun 2022.

1. Wisata Kayangan Api Abadi Bojonegoro

Wisata Kayangan Api Abadi Bojonegoro
Image Credit : Ishaq Wahyu Afifi

Wisata Kayangan Api merupakan suatu tempat wisata yang terletak di suatu desa Kabupaten Bojonegoro, Jawa timur, tepatnya di Desa Sendangharjo kecamatan Ngasem yang menyuguhkan salah satu keajaiban alam berbentuk api yang tidak pernah padam sehingga api ini dituturkan sebagai api abadi.

Api ini sesungguhnya adlah perwujudan dari gas alam yang keluar secara terus menerus serta menimbulkan terjadinya api yang tidak pernah padam. Api ini secara ajaib pula tidak padam walaupun hujan deras mengguyurnya. Kamu dapat memperoleh panorama alam menarik ini dengan menempuh ekspedisi selama 25 KM dari arah Bojonegoro.

Tidak hanya wisata api abadi di kayangan api kamu serta bisa menikmati suatu wisata alam berbentuk pemandian air yang konon katanya dapat mengobati seluruh penyakit. Air ini bila di amati dari kejauhan bakal terlihat semacam air yang mendidih serta menghasilkan bau busuk yang menusuk, akan tetapi kala mendekat bau itu hendak menghilang serta air yang terlihat mendidih itu hendak terasa sejuk serta dingin kala di sentuh.

Baca Juga:   8 Wisata Banyuwangi Terbaik 2022

2. Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro

Waduk Pacal Bojonegoro
Image Credit : agung_b_cahyono

Waduk Pacal merupakan tempat wisata di bojonegoro berbentuk waduk peninggalan aset Belanda yang sudah didirikan sejak lama tepatnya pada tahun 1933, kamu dapat mencapai waduk ini setelah melakukan ekpspedisi sejauh 35 KM dari Kota Bojonegoro.

Waduk ini ialah aset masa penjajahan serta merupakan waduk paling besar yang ada di Bojonegoro dan juga mempunyai nilai sejarah yang besar sebab masih beroperasi sampai disaat ini.

Bila kamu tiba ke waduk pacal kamu hendak merasakan hawa serta pula atmosfer era kolonial yang pekat sebab arsitekur dari bangunan waduk pacal yang masih asli serta sangat kental terasa.

3. Wisata Wana Tirta Dander Bojonegoro

Wisata Wana Tirta Dander Bojonegoro
Image Credit : siollok

Tempat wisata ini adalah suatu tempat liburan utama yang dimiliki oleh Bojonegoro sehingga banyak sekali keluarga yang datang kemari untuk berwisata disini. Untuk bisa mencapai Wana Wisata Dander ini kamu diharuskan untuk menempuh jarak 15 KM ke selatan dari arah Kota Bojonegoro.

Wahana yang dimiliki oleh Wana Wisata Dander ini juga bisa dibilang cukup lengkap mulai dari kolam renang hingga lapangan golf yang menjadikan tempat ini sangat cocok buat kamu yang ingin berwisata dengan keluarga, teman, maupun pasangan.

4. Bendungan Gerak Bojonegoro

Image Credit : Pemkab Bojonegoro

Bendungan ini merupakan bendungan paling besar yang terdapat di Bojonegoro yang pembangunannya menghabiskan anggaran sebesar 351 milyar hasil pinjaman dari Japan International Corporation Agency alias JICA.

Berlokasi di kecamatan Trucuk, bendungan ini mempunyai banyak manfaat. Tidak hanya buat sediakan air bersih buat rumah tangga, bendungan ini pula memelihara saluran irigasi untuk sawah supaya tidak kekeringan pada masa kemarau.

Baca Juga:   5 Destinasi Wisata Indonesia Yang Mendunia

Bendungan ini pula berpera selaku pengontrol air bengawan solo supaya tidak meluap serta menimbulkan kehancuran di dekat sungai kala masa penghujan tiba. Tidak hanya itu bendungan in pula dimanfaatkan selaku jematan buat menyambungkan antara desa satu dengan desa yang lain.

5. Masjid Al Birru Pertiwi

Image Credit : www.albirrupertiwi.com

Salah satu tempat wisata di bojonegoro yang terletak di Dander merupakan Masjid Al Birru Pertiwi, masjid ini memiiki arsitektur yang mempesona serta pula indah sehingga banyak digunakan buat berteduh orang orang yang hendak melaksanakan ibadah sholat serta selaku destinasi guna foto.

Masjid ini mempunyai kubah bercorak emas serta terdiri dari 3 lantai, lantai awal ialah zona parkir, lantai 2 buat jamaah laki- laki serta lantai paing atas ialah lantai ke 3 digunakan buat jamaah perempuan. Masjid yang luar biasa besar ini di desain oleh salah saru arsitek populer dari jakarta bernama Oka Garis Prada.

6. Masjid Agung Darussalam

Masjid Agung Darussalam Kauman Bojonegoro
Masjid Agung Darussalam Bojonegoro

Tidak hanya masjid Angkatan laut(AL) Birru Pertiwi terdapat satu masjid lagi yang dipunyai oleh Bojonegoro serta ialah masjid yang sangat luas ialah masjid Agung Bojonegoro. Masjid ini sanggup menampung 1000 orang didalamnya serta mempunyai luas dekat 2. 400 m persegi.

7. Wisata Sejarah di Museum Rajekwesi

Museum rajekwesi ialah museum yang digunakan buat menaruh fosil fosil purba, salah satu fossil yang tercantum di dalamnya merupakan fosil kepala gajah yang memeilki lebar sepanjang 25 m. Luar biasa bukan? Fosil ini ialah suatu fosil yang diperkirakan dipunyai oleh gajah yang hidup dekat satu juta tahun yang lalu.

Masa ini pada awal mulanya ialah kantor biasa yang bermanfaat buat menampung hasil penemuan masyarakat berbentuk barang barang dari masa lalu. Akan tetapi karen atakut barang barang mempunyai sejarah itu rusak hingga bangunan ataupun kantor ini setelah itu difungsikan sebagai sebuah lokasi museum yang sampai saat ini disebut dengan museum rajekwesi.

Baca Juga:   10 Tempat Wisata di Salatiga Terbaru 2022

8. Klenteng Hok Swie Bio

Image Credit : April Mao

Salah satu temapt wisata religi yang terdapat di Bojonegoro adalah klenteng Hok Swie Bio, Klenteng ini mempunyai ornamen bernilai bercorak merah tercantum pada kepala naganya. Klenteng ini pula dihiasi dengan bebatuan indah yang terbuat di sepanjang dinging yang menggambarkan wujud kepala naga.

Klenteng ini ialah salah satu tempat buat berziarah yang sangat populer di Bojonegoro. Klenteng ini bakal sangat ramai kala menjelang tahun baru imlek. Untuk peziarah dari tempat yang jauh kamu tidak telah kawatir sebab tempat ini mempunyai tempat peristirahatan sehingga kamu dapat menginap serta rehat di Klenteng Hok Swie Bio.

9. Makam Wali Kidangan

Makam Wali Kidangan Bojonegoro

Di Jawa makam menggambarkan salah satu tempat wisata di bojonegoro ataupun lebih tepatnya ialah tempat ziarah. Terlebih makam dari wali yang populer. Di kidangan ini sesungguhnya terdapat 3 buah makam yang dipercaya selaku makam wali kidangan serta pula keluarganya akan tetapi tidak ada yang tau persis mana makam wali kidangan yang sebetulnya.

10. Makam Buyut Dalem

Image Credit : Blok Bojonegoro

Buyut Dalem merupakan istilah untuk seorang pangeran yang bernama Pangeran Raden Aryo. Makam ini terletak di kelurahan Kadipaten. Di makam itu akan dilakukan berbagai upacara serupa ritual yang dilakukan tiap Rabu pahing. Makam ini disebutkan selaku salah satu posisi wisata religi yang dipunyai oleh Bojonegoro.

Buyut dalem ataupun Pangeran Raden Aryo merupakan putra dari Bupati Tuban yang ikut serta dalam perang kemerdekaan yaitu pada perang pajang. Dia wafat pada perang tersebut, karena Pangeran Raden Aryo merupakan putra dari Bupati Tuban sehingga keberadaannya di sakralkan. 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar