Abimanyu Travel Blog

Butuh rekomendasi tempat wisata menarik di Malang? Kamu bisa dapatkan disini. Info destinasi wisata, kuliner, serta tips traveling. Kamu juga bisa menemukan promo menarik dan kuis berhadiah dari Abimanyu.

Home / History / Kemegahan Masjid Al-Akbar Surabayaa

Kemegahan Masjid Al-Akbar Surabayaa

/
/
12 Views

Pada selatan Kota Surabaya berdiri masjid megah Masjid Al-Akbar. Punya interior yang menarik, masjid yang berlokasi di kawasan Pagesangan Surabaya Selatan ini kerap jadi jujugan wisata religi. Masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Istiqlal Jakarta.

Masjid Terbesar Kedua di Indonesia

Kemegahan Masjid Al-Akbar Surabaya, Masjid Terbesar Kedua di Indonesia
Kemegahan Masjid Al-Akbar Surabaya, Masjid Terbesar Kedua di Indonesia

Dibangun sejak 4 Agustus 1955, masjid seluas 22,3 ribu meter persegi ini mampu menampung 36.000 jemaah. atas gagasan Wali Kota Surabaya saat itu, H. Soenarto Soemoprawiro. Pembangunan Masjid ini ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Namun karena krisis moneter pembangunannya dihentikan sementara waktu. Tahun 1999, masjid ini dibangun lagi dan selesai tahun 2001. Pada 10 November 2000, Masjid ini diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid. Saat menginjakkan kaki di masjid ini hawa sejuk langsung menyelimuti. Lantai marmer yang berasal dari Lampung terasa dingin menyejukkan. Masjid ini memberikan kesan damai dan tenang bagi para jemaah.

Kubah yang menaungi masjid

 kubah yang menaungi masjid
kubah yang menaungi masjid

Kemegahan masjid ini terlihat dari kubah yang menaungi masjid. Kubah berwarna perpaduan biru dan hijau dengan tinggi sekitar 27 meter. Di dalamnya terdapat ornamen yang cantik. 45 pintu kayu jati dan hiasan kaca nampak menghiasi di sudut-sudut masjid cantik ini.

Keunikan Masjid Nasional Al-Akbar atau Masjid Agung dari bentuk kubah. Kubah dengan bentuk menyerupai setengah telur dengan layer 1,5 meter ini menaungi atap masjid. Warna kubahnya didominasi oleh warna biru. Dengan tambahan aksen warna hijau, biru, merah, ungu dan kuning.

Warna-warna cerah yang elok dipandang mata saat menatap langit-langit masjid. Perpaduannya semakin cantik dengan motif diagonal yang semakin menambahkan keindahan masjid yang diresmikan oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada tahun 2000.

Baca Juga:   Tetap Hati-Hati, Perhatikan Sebelum Mendaki Gunung

Nuansa islami yang kental

Nuansa islami yang kental
Nuansa islami yang kental

Di serambi masjid tiang-tiang tinggi berdiri kokoh. Tiang-tiang berwarna putih ini menambah kesan agung masjid. Nuansa islami yang kental, interior gedung megah dan tempat yan luas membuat masjid menjadi tempat favorit menggelar prosesi pernikahan.

sumber lengkap di wikipedia

Masjid kebanggaan masyarakat Jawa Timur ini selain menjadi pusat peribadatan juga menjadi kajian ilmu agama Islam. Bahkan, masjid yang berada di tepi jalan tol Surabaya-Malang inijuga memiliki fasilitas kesehatan yaitu poli umum, poli gigi, laboratorium, hingga bekam.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar