Abimanyu Travel Blog

Butuh rekomendasi tempat wisata menarik di Malang? Kamu bisa dapatkan disini. Info destinasi wisata, kuliner, serta tips traveling. Kamu juga bisa menemukan promo menarik dan kuis berhadiah dari Abimanyu.

Home / Info Wisata / Menjelajah Tawangmangu yang Jadi Destinasi Herbal Tourism Indonesia

Menjelajah Tawangmangu yang Jadi Destinasi Herbal Tourism Indonesia

/
/
45 Views

Destinasi Herbal Tourism Indonesia

Destinasi Herbal Tourism Indonesia
Wisata herbal Tawangmangu | Credit by @b2p2toot_kemenkes/ @rumahatsiri

Destinasi Herbal Tourism Indonesia, Tren dunia pariwisata saat ini terus berkembang menyesuaikan gaya hidup masyarakat. Orang-orang pergi ke tempat wisata nggak hanya untuk hiburan semata, tapi juga memiliki minat khusus yang menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah wisata kesehatan, misalnya wellness tourism dan herbal tourism.

Apalagi di kondisi pandemi yang membuat kesadaran gaya hidup sehat masyarakat meningkat, sehingga minat wisata herbal juga turut meningkat. Wisata herbal Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menjadi salah satu herbal tourism di Indonesia yang sedang dikembangkan secara besar-besaran oleh Kemenparekraf. Selain itu, wisata herbal Tawangmangu juga menawarkan konsep wisata yang ramah keluarga dan menjadi sarana edukasi.

Tawangmangu sebagai destinasi herbal tourism memiliki potensi sumber daya alam tanaman herbal yang melimpah dan teruji secara ilmiah

destinasi herbal tourism
http://www.tanahnusantara.com/tawangmangu-lokasi-yang-pas-untuk-berlibur

Dipilihnya Tawangmangu sebagai destinasi herbal tourism memang bukan tanpa alasan. Pasalnya, Tawangmangu memang menjadi pusat kesehatan herbal milik Kemenkes yang tentunya berpotensi mendorong perkembangan herbal tourism di Indonesia. Di Tawangmangu sendiri terdapat sekitar 800 jenis tanaman herbal yang dibudidayakan secara besar-besaran. Salah satu kebun herbal yang bisa kamu kunjungi adalah kebun subtropik dan romatik di Dusun Tlogodlingo, Desa Gondosuli, Tawangmangu.

Jangan khawatir, seluruh tanaman herbal di Tawangmangu dikelola dengan standar modern, teruji secara ilmiah, diawasi, serta diuji khasiat dan keamanannya. Selain tanaman herbal, kamu juga bisa menjumpai wisata aroma terapi, meditasi, makanan sehat dan wisata alam yang berkonsep wellnes tourism, lo.

Baca Juga:   Taman Rekreasi Selecta, Weekend Lebih Seru Dengan SkyBike!

Mengunjungi Rumah Riset Jamu Hortus Medicus untuk menyaksikan perkembangan teknologi dan industri herbal

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20161130/3218982/komisi-ix-dpr-kunjungi-b2p2toot-tawangmangu/

Salah satu destinasi herbal tourism yang nggak boleh dilewatkan adalah Rumah Riset Jamu Hortus Medicus atau disebut juga Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT). Di sini terdapat klinik saintifikasi, laboratorium, griya jamu, museum, ruang sinema, perpustakaan, serta rumah kaca adaptasi dan pelestarian obat.

Kamu bisa berkeliling kebun herbal dan melihat uji tanaman di laboratorium, bahkan bisa juga mencoba membuat ramuan herbal sendiri, lo. Di rumah riset ini, tentunya pengunjung akan mendapat pengalaman yang cukup menarik dan edukasi tentang taman herbal yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Abimanyu TravelMalang – Surabay – Banyuwangi

Menikmati wellness and herbal tourism di Rumah Atsisi Indonesia yang menawarkan berbagai paket wisata super komplet

https://travel.kompas.com/read/2021/10/26/154924227/tawangmangu-jadi-destinasi-wisata-kesehatan-di-indonesia

Bagi kamu penggemar tanaman herbal, aromatik, minyak atsiri dan wellness activity, Rumah Atsiri Indonesia wajib kamu kunjungi. Di sini kamu akan disuguhi tanaman bunga warna-warni yang nggak hanya cantik tapi juga memiliki berbagai manfaat. Ada juga green house, laboratorium dan rumah produksi minyak atsiri. Suasana sejuk, asri dan pemandangan Gunung Lawu menjadi akan menyuguhkan suasana yang tenang saat berada di rumah Atsiri ini.

Di sini kamu bisa memilih berbagai paket wisata misalnya untuk keluarga atau minat-minat khusus seperti yoga di tengah hutan pinus, workshop kerajinan berbahan herbal, cooking class, membuat ramuan herbal, berkebun dan sebagainya. Menariknya lagi, kamu juga bisa bermalam di Rumah Atsiri dengan konsep penginapan yang super cantik di tengah kebun herbal.

Menjelajah wisata alam di sekitar Tawangmangu yang sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan

https://www.itrip.id/tempat-wisata-tawangmangu-karanganyar

Selain wisata herbal, Tawangmangu juga menawarkan wisata alam yang wajib kamu kunjungi. Salah satunya adalah Gojogan Sewu, air terjun yang cukup terkenal dan ikonik di Tawangmangu. Air terjun ini memiliki ketinggian 81 meter dengan pemandangan hutan hijau yang asri dan sejuk di sekitarnya. Selain Gojogan Sewu, jangan lupa singgah juga di Bukit Mongkrang yang terletak di selatan Gunung Lawu. Susana sejuk khas pegunungan dengan pemandangan alam yang hijau dan asri cocok banget untuk refreshing dan menghilangkan kepenatan.

Menjelajah Tawangmangu memang paling cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga atau teman-teman. Di sini amu nggak hanya mendapat pengalaman wisata yang seru dan berbeda, sebagai destinasi herbal tourism, Tawangmangu tentu akan memberikan penagalaman unik dan edukasi terhadap gaya hidup sehat.

Abimanyu Travel BlogButuh rekomendasi tempat wisata menarik di Malang? Kamu bisa dapatkan disini. Info destinasi wisata, kuliner, serta tips traveling. Kamu juga bisa menemukan promo menarik dan kuis berhadiah dari Abimanyu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar