Abimanyu Travel Blog

Butuh rekomendasi tempat wisata menarik di Malang? Kamu bisa dapatkan disini. Info destinasi wisata, kuliner, serta tips traveling. Kamu juga bisa menemukan promo menarik dan kuis berhadiah dari Abimanyu.

Home / Tips Traveling / 10 kota skyline terbaik

10 kota skyline terbaik

/
/
45 Views
img

Belum lama ini penggunaaan kata serta penjelasan kian luas, banyak memakai kata yang tidak sering digunakan. Sehingga membuat kita kadangkala tidak tau iktikad dari perkataan tersebut. Semacam pemakaian kata skyline. Tetapi apakah kalian mengerti makna kata skyline yang sesungguhnya biar kalian mengerti dalam membaca kalimat yang memiliki kata tersebut. Berikut ini merupakan uraian dari makna kata skyline bersumber pada Kamus Bahasa Inggris – Indonesia : Makna kata skyline merupakan kaki langit.

1. Jakarta

Jakarta 10 kota skyline terbaik
Jakarta

Kota ini terletak di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. Dulu sempat diketahui sebagian nama di antara lain Sunda Kelapa, Jayakarta, serta Batavia. Di dunia internasional Jakarta memiliki julukan J- Town, ataupun lebih terkenal lagi The Big Durian sebab dikira kota yang sebanding New York City( Big Apple) di Indonesia. Jakarta mempunyai luas 661, 52 km²( lautan: 6. 977, 5 km²), dengan penduduk berjumlah 10. 187. 595 jiwa( 2011). Daerah metropolitan Jakarta ( Jabodetabek) yang berpenduduk dekat 28 juta jiwa, metropolitan terbanyak di Asia Tenggara ataupun urutan kedua di dunia. Selaku pusat bisnis, politik, serta kebudayaan, Jakarta ialah tempat berdirinya kantor- kantor pusat BUMN, industri swasta, serta industri asing. Kota ini pula jadi tempat peran lembaga- lembaga pemerintahan serta kantor sekretariat ASEAN.

Abimanyu biro perjalanan Travel Murah dan nyaman

2. Surabaya

10 kota skyline terbaik kota Surabaya
Surabaya

Abimanyu Travel Menyediakan biro perjalanan ke Surabaya

Kota Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia, dan juga kota metropolitan terbanyak di provinsi Jawa Timur. Surabaya ialah kota terbanyak kedua di Indonesia sehabis Jakarta. Kota ini terletak 796 kilometer sebelah timur, ataupun 415 kilometer sebelah barat laut Denpasar, Bali. Surabaya terletak di tepi laut utara Pulau Jawa bagian timur berhadapan dengan Selat Madura dan Laut Jawa. Daerah Kota Surabaya di sebelah timur berbatasan dengan Selat Madura, sebaliknya sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Gresik serta sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo. Luas daerah Kota Surabaya 274, 06 Km2 yang dibagi jadi 31 kecamatan serta 163 desa atau kelurahan. Selaku kota metropolitan, Surabaya jadi pusat aktivitas perekonomian di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Baca Juga:   Sejarah Kota Surabaya

3. Tangerang

10 kota skyline terbaik kota Tangerang
Tangerang

Berdirinya Kota Tangerang

tidak lepas dari sejarah perjuangan Kesultanan Banten melawan Kolonialisme Belanda. Nama“ Tangerang” yang menunjuk kepada sesuatu wilayah yang terletak di bantaran sungai Cisadane, yang dulu diketahui dengan nama Untung Jawa, lahir dari sebagian peristiwa pada masa dahulu. Sejarah mencatat lahirnya Tangerang bermula dari istilah kepada suatu bangunan tugu yang terbuat dari bambu yang didirikan oleh Pangerang Soegiri, putra Sultan Ageng Tirtayasa dari Kesultanan Banten. Tugu tersebut terletak di bagian Barat Sungai Cisadane yang diyakini dikala ini terletak di daerah kampung Gerendeng. Oleh warga sekitar, bangunan tugu tersebut diucap” tengger” ataupun” tetengger” yang dalam bahasa sunda berarti ciri ataupun indikator.

4. Bandung

10 kota skyline terbaik kota Bandung
Bandung

Mulanya, pada era kolonial Belanda, para penjajah menciptakan Bandung secara tidak terencana. Mereka menyebutnya wilayah tidak bertuan. Karena dikala itu Belanda tidak menyimpan atensi pada wilayah tersebut. Semenjak dulu, Bandung tidak masuk dalam rancangan pembangunan pemerintah Belanda. Tetapi, untuk warga pribumi, kota ini sudah lama berdiri. Dulu, Bandung diketahui dengan istilah Tatar Ukur, yang kekuasaannya terdapat di dasar Kerajaan Banten serta Mataram. Seiring berjalanya waktu ketertarikan penjajah Belanda timbul, dalam kejadian penggempuran benteng kongsi dagang VOC di Batavia. Dampaknya pemerintah Belanda mulai menyimpan curiga, daerah Tatar Ukur jadi sarang para pemberontak. Melalui perintah Daendels, pembangunan Kota Bandung diawali. Saat sebelum dibentuk, dari Batavia dikala itu wajib melewati pedalaman hutan Priangan. Kemudian, jalur setapak yang dapat dilewati kuda mulai terbuat menghubungkan Batavia – Bogor – Bandung.

Baca Juga Wisata Kuliner

5. Makassar

10 kota skyline terbaik kota Makassar
Makassar

Kota Makassar terletak di muara Sungai Tallo dengan pelabuhan niaga kecil di daerah itu pada penghujung abad XV. Sumber – sumber Portugis memberitakan, kalau bandar Tallo itu awal mulanya terletak di dasar Kerajaan Siang di dekat Pangkajene. Pada pertengahan abad XVI, Tallo bersatu dengan suatu kerajaan kecil lainya yang bernama Gowa, serta mulai membebaskan diri dari kerajaan Siang, apalagi melanda serta menaklukkan kerajaan – kerajaan sekitarnya. Aktivitas pertanian di hulu sungai Tallo, menyebabkan pendangkalan di sungai tersebut, sehingga pusatnya dipindahkan ke muara sungai Jeneberang, disinilah terjadi pembangunan kekuasaan kawasan istana oleh para ningrat Gowa – Tallo yang setelah itu membangun pertahanan benteng Somba Opu, yang seratus tahun setelah itu jadi daerah inti Kota Tersebut.

Baca Juga:   Tips Backpaker Wisata Bromo Murah Minim Budget

6. Medan

10 kota skyline terbaik kota Medan
Medan

Pada mulanya Medan lokasinya terletak di Tanah Deli, hingga semenjak era penjajahan orang senantiasa menyebut Medan dengan Deli (Medan–Deli). Sehabis era kemerdekaan sebutan Medan Deli lama – lama sirna sehingga kurang popular. Dulu orang menamakan Tanah Deli mulai dari Sungai Ular (Deli Serdang) hingga ke Sungai Wampu di Langkat sebaliknya Kesultanan Deli yang berkuasa pada waktu itu, daerah kekuasaannya tidak mencakup wilayah diantara kedua sungai tersebut. Secara totalitas tipe tanah di daerah Deli terdiri dari tanah liat, tanah pasir, tanah kombinasi, tanah gelap, tanah coklat serta tanah merah. Riset dari Van Hissink tahun 1900 yang dilanjutkan oleh Vriens tahun 1910 .

7. Semarang

kota Semarang
Semarang

Sejarah Kota Semarang diawali pada abad ke – 6, mulanya Semarang ialah bagian kawasan Kerajaan Mataram Kuno dengan nama Pragota (saat ini jadi Bergota). Dulu wilayah ini ialah pelabuhan dengan gugusan pulau kecil di depannya akibat pengendapan, gugusan pulau kecil itu meluas sehingga membuat suatu kawasan baru yang saat ini diucap selaku kota dasar. Pada abad ke – 15 masehi, seseorang utusan Kerajaan Demak Pangeran Made Pandan menyebarkan islam dari perbukitan Pragota. Berjalannya waktu, daerah tersebut jadi produktif serta di tanami tumbuhan asam dan arang( bahasa jawa“ Asem Areng”) setelah itu jadi cikal bakal nama“ Semarang”.

8. Balikpapan

kota Balikpapan
Balikpapan

Sumber 90 Tahun Kota Balikpapan yang mengutip novel karya F. Valenijn tahun 1724, asal nama Balikpapan merupakan suatu peristiwa yang terjadi pada tahun 1739, sewaktu dibawah Pemerintahan Sultan Muhammad Idris dari Kerajaan Kutai, yang memerintahkan kepada penduduk – penduduk di selama Teluk Balikpapan buat menyumbang bahan bangunan guna pembangunan istana baru di Kutai lama. Sumbangan tersebut berbentuk penyerahan 1000 lembar papan yang diikat jadi suatu rakit yang dibawa ke Kutai Lama lewat tepi laut. Setibanya di Kutai lama, nyatanya terdapat 10 keping papan yang kurang( terlepas dalam ekspedisi) serta hasil dari pencarian menciptakan kalau 10 keping papan tersebut terhanyut serta mencuat disuatu tempat yang saat ini bernama” Jenebora”. Dari kejadian inilah nama Balikpapan itu diberikan( dalam sebutan bahasa Kutai” Baliklah – papan itu” ataupun papan yang kembali yang tidak ingin turut disumbangkan).

Baca Juga:   Tips Memilih Destinasi Wisata yang Ramah Anak

9. Batam

kota Batam
Batam

Daerah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang serta Pulau Galang dan juga pulau – pulau kecil yang lain di kawasan Selat Singapore serta Selat Malaka. Pulau Batam, Rempang, serta Galang terkoneksi oleh Jembatan Barelang. Bagi Dinas Kependudukan serta Catatan Sipil Kota Batam per 2015, jumlah penduduk Batam menggapai 1. 037. 187 jiwa. Batam ialah bagian dari kawasan spesial perdagangan terluas. Batam ialah salah satu kota dengan letak yang sangat strategis. Tidak hanya terletak di jalan pelayaran internasional, kota ini mempunyai jarak yang sangat dekat serta berbatasan langsung dengan Singapore serta Malaysia. Selaku kota terencana, Batam ialah salah satu kota dengan perkembangan terpesat di Indonesia. Kala dibentuk pada tahun 1970 – an oleh Otoritas Batam(dikala ini bernama BP Batam), kota ini hanya ditempati 6.000 penduduk serta dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh sampai 158 kali lipat.

10. Pekanbaru

kota Pekanbaru
Pekanbaru

Kota Pekanbaru ialah ibukota sekalian kota terbesar di Provinsi Riau. Secara geografis, Kota Pekanbaru diapit oleh Kabupaten Siak di sebelah utara serta timur, Kabupaten Kampar di sebelah utara, selatan, barat, serta Kabupaten Pelalawan di sebelah selatan dan timur. Luas daerah Kota Pekanbaru sebesar 632, 26 km2 ataupun 0,71 persen dari total luas daerah Provinsi Riau. Topografi Kota Pekanbaru relatif datar dengan struktur tanah terdiri dari tanah aluvial serta pasir, sebagian wilayah pinggiran kota terdiri dari tanah tipe organosol dan humus yang bertabiat asam korosif buat besi. Jumlah penduduk Kota Pekanbaru pada tahun 2016 ialah sebanyak 1.064.566 jiwa yang terdiri dari 546.400 jiwa penduduk pria serta 518.166 jiwa penduduk wanita dengan laju perkembangan penduduk sebesar 0,0255%.

Baca Seluruh Artikel di Abimanyu Travel

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar