Abimanyu Travel Blog

Butuh rekomendasi tempat wisata menarik di Malang? Kamu bisa dapatkan disini. Info destinasi wisata, kuliner, serta tips traveling. Kamu juga bisa menemukan promo menarik dan kuis berhadiah dari Abimanyu.

Home / Tips Traveling / Tips Backpaker Wisata Bromo Murah Minim Budget

Tips Backpaker Wisata Bromo Murah Minim Budget

/
/
1869 Views
img

Tips Backpaker Wisata Bromo Murah Minim Budget – Wisata alam jadi andalan tanah air, pasalnya Indonesia punya potensi alam yang sangat bagus. Mulai dari pantai, perbukitan hingga pegunungan yang bisa jadi tempat mengisi waktu luang, pengunjung bukan hanya wisatawan lokal saja namun sudah banyak wisatawan luar negeri. Bromo punya sejuta pesona dengan beberapa tempat tujuan wisata berbeda, bagi anda yang dari luar daerah jawa tengah, jangan khawatir karena tetap bisa melakukan wisata bromo murah ala backpacker namun ini tetap nyaman saja bagi pemain pemula.

Tips Backpaker Wisata Bromo Murah Minim Budget

Tips Backpacker Bromo
Tips Backpacker Bromo

Kamu tidak mau ikut dalam rombongan tour dan lebih suka piknik mandiri maka harus serba mandiri, mulai dari persiapan, eksekusi hingga perjalanan pulang. Jangan sampai niat untuk bersenang senang akan berbuah bencana, itulah kenapa jika ingin memulai wisata bromo murah ala backpacker harus membuat persiapan yang matang, apalagi jika tujuannya ke tempat wisata alam. Berikut ini beberapa hal yang wajib anda lakukan sebelum liburan ke alam :

  • Harus tahu lokasi.

Saat menentukan liburan anda sudah membidik mana saja lokasi tujuan bukan, jika itu ke bromo tentukan titik mana saja yang akan jadi tujuan. Misalkan akan ke ranu (danau), Cuban (air terjun) atau pun mendaki hingga puncak pass, usahakan untuk mencari jalur terlebih dahulu. Ini juga menghindari oknum nakal yang mencari kesempatan saat anda mengalami kebinggungan di jalan.

  • Mau menggunakan transportasi umum.

Berwisata mandiri ala backpacker harus nyaman menggunakan transportasi umum, bukan karena budget minim namun inilah kenyamanan tersendiri yang diberikan cara backpacker. Tentukan akan menggunakan transportasi apa, berapa biaya yang dikeluarkan dan juga berapa lama waktu perjalanan, akan lebih baik jika menyusun jadwal perjalanan (itinerary) terlebih dahulu.

  • Berwisata dengan berkelompok.

Liburan mandiri ala backpacker tidak akan seru jika anda sendiri atau pun berdua, anda butuh orang lain untuk saling melengkapi, inilah keasyikan tersendiri dari wisata bromo murah ala backpacker. Misalkan saat menggunakan transportasi umum, tidak akan jalan jika penumpang hanya ada 2 orang, sekalipun jalan anda akan dikenakan ongkos cukup mahal.

Baca Juga:   10 kota skyline terbaik

Cara menghemat budget selama wisata bromo murah di gunung

Berwisata alam tidak bisa asal berangkat seperti akan ke mall, dimana tidak perlu melakukan persiapan apapun. Mengingat di bromo tidak akan menemukan ATM, maka harus membawa uang cash. Liburan ala backpacker tidak butuhkan banyak uang, sehingga cocok masuk dalam wisata bromo murah. Berikut ini ada beberapa cara untuk menghemat budget selama liburan di gunung :

  • Membawa tenda dan tidur di alam terbuka.

Wisata alam tapi masih menginap dalam ruangan? Ini sama saja pindah ke tempat tidur yang lain, kenapa tidak mencoba untuk tidur di alam terbuka, sebuah sensasi yang tidak akan pernah anda rasakan saat di tempat tinggal bukan. Bawa tenda dan kantong tidur (sleeping bag), ini akan membuat tubuh tetap hangat dan bisa menikmati kesejukan alami. Tenang saja, ada banyak backpacker lainnya yang juga membawa tenda, bahkan bisa saling cerita petualangan yang sudah anda lakukan.

  • Membawa bahan makanan sendiri.

Masak di alam terbuka? Anda akan merasakan sensasi ini dalam tenda, tidak memasak di dalamnya namun disekitaran. Memasak masih diperbolehkan di alam terbuka namun tidak boleh merusak sekitar, bawa saja makanan yang mudah di konsumsi. Misalkan mie instan, minuman sachet hingga roti, ini cocok untuk ganjal perut di malam hari.

  • Bersedia untuk berbagi dengan orang lain.

Wisata alam ala backpacker akan mengajarkan anda tidak egois, karena setiap orang tidak akan bisa hidup sendiri. Itulah kenapa wisata bromo murah jadi pilihan anak kuliahan, dimana anda akan berbagi sesuatu yang lebih dengan orang lain, bahkan tidak akan segan menawarkan makanan yang ada di tangan pada orang lain.

Baca Juga:   Hadirkan Virtual Traveling yang Lebih Seru, Korea Tourism Organization Luncurkan Kampanye Global Melalui Platform Metaverse

Hal yang menarik bukan untuk mengikuti tetap para backpacker wisata bromo murah, anda bisa mengeksplore alam lebih terbuka tanpa terikat waktu. Bromo akan menawarkan banyak sekali sentuhan alam menarik, bahkan untuk anda yang pertama kali melakukan perjalanan wisata ke daerah pegunungan, tidak akan menolah di ajak kembali kemari. Lain halnya jika mengikuti tour yang sudah dirancang sebelumnya, ada baiknya liburan ke alam bersama banyak orang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar